Printable Gratis: Rutinitas Pagi dan Sore Anak-Anak usia Dini

Rutinitas Pagi dan Sore Anak usia Dini (4 th dan 2 th)

Rutinitas Pagi dan Sore Anak usia Dini (4 th dan 2 th)

Setelah membaca ragam manfaat dan pentingnya membangun rutinitas atau routine, maka saya pun akhirnya mencoba membuatkan rangkaian rutinitas pagi untuk anak-anak (4th dan 2 th) dalam bentuk cetak supaya anak-anak bisa melihat sendiri dan mempelajarinya.

Juga sebetulnya, karena kami sudah merasakan manfaat besar dari kebiasaan-kebiasaan yang selama ini (agak) konsisten dilakukan. Misalnya saja, pergi ke toilet sesaat setelah bangun tidur dan sarapan pagi setelahnya. Hal ini ternyata membuat anak-anak secara otomatis meminta jatah makan pagi tanpa harus susah payah menyuruhnya.

Menjadi orang tua adalah tentang membangun kesadaran

Dengan kita menempel jadwal rutinitas pagi ini, secaratidak langsung pula membuat diri mampu memangkas aktivitas yang tidak penting dan tidak perlu pada pagi hari (misalnya: mengecek media sosial, menonton tiktok, dan lain-lain).

Ketika kita paham bahwa ada rutinitas anak-anak yang akan dijalankan, otomatis kita akan mampu mempersiapkan diri baik-baik sebelum terjun mengerjakan segala keperluan di hari tersebut.

Hal ini juga akan sangat membantu orang tua dalam memetakan kemana saja energi akan disalurkan. Karena akhirnya saya sadar bahwa tidak ada yang namanya manajemen waktu. Mau sebanyak apapun durasi jam yang diberikan kita dalam satu hari, toh kemungkinan besar kita akan mengeluh kurang.

Padahal, kita sendiri yang kurang bijak dalam memilih aktivitas.

Manfaat Rutinitas Pagi dan Sore

Berikut ini saya rangkumkan manfaat dan mengapa kita harus mulai membangun rutinitas harian kepada anak-anak:

  1. Membantu anak-anak untuk memiliki body clock atau jam kerja tubuh. Misalnya, mereka akan tahu kapan saatnya waktu untuk tidur dan makan. Setelah saya amati, sejak berusaha untuk konsisten, anak-anak kini mampu mengungkapkan “Umi, aku lapar“, “Umi, aku ngantuk..ayo tidur“, “Umi, aku bosan, mau main ke taman“.
  2. Membangun bonding atau kelekatan. Memiliki anak balita akan akrab dengan ketidakpastian. Namun, jika kita memiliki rutinitas harian, kita akan tahu dan sadar kapan-kapan saja waktu penting yang bisa dihabiskan bersama. Misalnya saja, jam-jam makan bersama.
  3. Berdamai dengan ekspektasi. Anak-anak jadi tahu kapan saatnya harus merapikan mainan dan bersiap untuk tidur malam tanpa protes atau drama berarti.
  4. Sarana untuk mendidik kemandirian dan kepercayaan diri. Misalnya saja, anak jadi tahu sesi-sesi mana saja yang aktivitasnya bisa ia lakukan sendiri. Misalnya saja, kemandirian di toilet, mulai dari masuk dengan berdoa, menyalakan lampu, menyiram air, dan mencuci tangan setelahnya.
  5. Membangun kebiasaan sehat dan baik. Makan, tidur, dan membereskan mainan merupakan kedisiplinan yang perlu dilatih hingga kelak menjadi kegiatan otomatis (habits). Jika anak-anak tahu kapan-kapan saja waktunya makan dan tidur, otomatis kegiatan lain pun menjadi tidak terganggu. Orang tua pun akan bisa meluangkan waktunya untuk hal lain.

Saya jadi teringat cerita beberapa teman yang seharian berkutat di dapur karena perkara makan yang tidak kunjung usai. Anak pertama minta makan, yang kedua belum mau makan. Juga, saat makan mereka minta disuapi sehingga harus mendampinginya nyaris pagi hingga petang.

Akhirnya saat malam pun, perasaan orang tua berantakan dan merasa kurang produktif. Hal ini jika dilakukan setiap hari, tentu akan membuat stres dan menaikkan level kecemasan. Karena saya pun tak jarang mengalaminya.

Untuk itu, berikut ini kami coba membuat rutinitas pagi dan sore untuk anak-anak usia dini (preschool), yang mungkin bisa bermanfaat untuk teman-teman. Dalam printable ini, saya mengambil dari berbagai sumber (ada yang berbayar, sehingga resolusinya akan pecah saat dicetak.

FREE Download Rutinitas Pagi Sore Anak Homeschooling Islami

FREE Download Rutinitas Pagi Sore Anak Homeschooling Islami

PDF Rutinitas Harian (Pagi & Sore)  Silakan Download di Sini 

Semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman ya

Sumber gambar:
1. https://blog.google/technology/families/kids-space/
2. https://www.slideshare.net/EmilyStone47/chore-routine-chart
3. https://www.etsy.com/listing/785365944/morning-and-evening-routine-chart?ref=landingpage_similar_listing_top-6
4. https://en.al-dirassa.com/islam-quran-arabic-children/
5. https://www.shutterstock.com/image-vector/muslim-kid-praying-203133709
6. https://www.dreamstime.com/stock-illustration-kids-toy-box-full-toys-modern-flat-style-vector-illustration-cartoon-clipart-image82200341
7. https://www.123rf.com/clipart-vector/chicken_dinner.html
8. https://pngtree.com/freepng/multi-food-breakfast-clipart_5726131.html
9. https://www.seekpng.com/ipng/u2q8w7q8u2e6q8i1_at-getdrawings-com-free-for-personal-use-evening/
10. https://snipstock.com/image/the-sun-png-images-transparent-sun-pngs-sunny-sunshine-24-png-79655

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *