Pengalaman Pertama Kali Bekam dan Refleksi di Salon Muslimah Farras Depok

PenampakanSalon dari depan

Penampakan Salon dari depan

Jadi ceritanya setelah lahiran anak ke-2, saya belum pernah urut atau pijat-pijat gitu. Trus pas balik ke Indonesia emang uda diniatin mau bekam sama pijat, apalagi pas landing, ni badan sempet drop banget. Ngerasain deh tuh namanya radang tenggorokan, batuk, dan pilek.

Mungkin ini yang namanya jetlag, ya?, dari yang iklim musim dingin menuju Indonesia yang istilahnya lagi pancaroba.

Singkat cerita, mulailah saya gugling-gugling cari tempat bekam di Depok. Cari yang nggak jauh dari rumah ortu karena nanti kudu nitip anak-anak biar nggak usah dibawa. Nemu lah di instagram, namanya Salon Muslimah Farras.

Spanduk Depan

Spanduk Depan

Pagi reservasi online dulu biar nanti di sana nggak menunggu terlalu lama. Admin reservasi ramah, fast respon, dan informatif. Saya ditanyakan mau treatment apa. Ternyata ini untuk memastikan dengan terapis yang melakukan bekam. Setelah konfirmasi, ternyata saya diberi tahu untuk datang jam 10 pagi.

Salon ini buka mulai jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Konsep salon ini terbilang unik, karena selain untuk muslimah, treatment juga ditawarkan bagi anak-anak (bahkan mulai dari pijat bayi).

Saya ditangani oleh bu Halimah. Orangnya ramah, tangannya lembut tapi kalau sudah mengurut, ga tau kenapa berasa banget. Bukan tipe yang keras menyakitkan. Alhamdulillah cocok sama yang tipe seperti ini. Selidik punya selidik, kata beliau sih kalau kita totok atau urut di titik yang benar, ya emang efeknya begitu. Titik-titik yang dimaksud adalah titik meridian.

Foto Sama Owner Salon

Foto Lubna Sama Owner Salon

Saya sampai penasaran kenapa tangannya bisa halus begitu. Dikasih tipsnya, pokoknya sering-sering menggosok tangan menggunakan ampas kopi, teh, saat cuci beras, kulit buah, biji-bijian buah (pepaya misalnya), nasi basi (pas misal ketemu nasi sisa yang mau dibuang). Menggosok tangan seperti meremas-remas saat mencuci beras. Kalau di dunia per-skinker-an, mungkin tujuannya adalah exfoliating, alias menghilangkan sel kulit mati yang menumpuk di tangan.

Daftar "Menu" Salon

Daftar “Menu” Salon, kalau paket-paket bisa liat di instagramnya

Treatment Bekam dan Refleksi Kaki

Oh ya, sembari dibekam, saya juga mengambil treatment refleksi kaki. Durasi untuk kedua treatment jika ditotal  sekitar satu setengah jam. Proses bekam, terapis sangat telaten, dimulakan dengan basmalah dan selalu mengonfirmasikan kepada saya apa tarikan angin pada cup bekam terlalu keras atau tidak. Ya intinya, sangat nyaman lah sebagai orang yang baru pertama kali nyobain bekam sampai dikeluarkan darahnya gitu.

Saya mengambil treatment refleksi kaki karena bekam tidak bisa digabung dengan pijat full. Supaya menghemat waktu, saya gabungan prosesnya saja. (maklumlah ya, nitip dua bocah di rumah, hehe).

Pijat Bayi (pules banget si Lubna)

Karena sudah cocok sama terapisnya, akhirnya keesokan harinya saya membawa Lubna (9 bulan) ke salon ini. Saya ambil treatment pijat bayi. Saya udah degdegan aja, khawatir bakalan nangis-nangis jengker gitu. Ternyata MasyaAllah, mbak Halimah (terapis), ngajakin kenalan dulu dong. Tujuannya biar nggak asing dan si baby nyaman.

Kata beliau, namanya anak itu jangan dipaksa. Nanti yang ada malahan trauma dan nggak mau lagi badannya diurut. Soalnya kan emang tujuan pijat kan biar rileks, kalau ada unsur paksaan, mungkin si bayi malah tambah sakit-sakit badannya.

Iya juga sih, saya lihat si bayi nyaman aja gitu. Ya paling menggeliat-geliat aja kalau ada beberapa titik yang dirasa emang lagi pegel/sakit. Posisi ngikutin nyamannya bayi. Karena pas itu jam tidur paginya Lubna, akhirnya saya pun sambil nyusuin juga (si bayi uda ngantuk dan minta nyusu).

Alhamdulillah, pengalaman pertama Lubna pijat juga berlangsung nyaman dan lancar  jaya. Lubna pun tidur dengan pulesnya.

Wedang Jahe Abis Treatment

Wedang Jahe Abis Treatment

Ada juga beberapa hal positif yang saya suka dari pengalaman pijat di Salon Depok ini, seperti:

  1. Tempat cukup bersih dan nyaman, meski sekat hanya berupa horden.
  2. Tempat parkir motor cukup luas (muat untuk 1-2 mobil sepertinya).
  3. Staf-nya ramah
  4. Ada wedang jahe yang nikmat
  5. Terapis berpengalaman dan juga mengedukasi kita sebagai pelanggan dalam beberapa hal terutama titik-titik yang bisa dipijat sendiri untuk sehari-hari.
  6. Reservasi mudah, via whatsapp
  7. Treatment bervariasi, mulai untuk kecantikan maupun kesehatan
  8. Jual snack ringan dan beberapa produk
  9. Harga relatif terjangkau untuk bekam dan pijat
  10. Ramah anak (bayi), terapis membuat bayi nyaman dan tidak trauma.
  11. Ambience keshalihan berasa, keliatan dari staf ramah sama audio murotal Quran.
Ruang Treatment Pas Saya Bekam dan Refleksi Kaki

Ruang Treatment Pas Saya Bekam dan Refleksi Kaki

Adapun kekurangannya hanya seputar titik google maps yang tidak sesuai dengan di lapangan (akhirnya saya minta shared live location ketika menuju tempat tersebut).

WhatsApp Image 2020-01-14 at 10.46.00 PM WhatsApp Image 2020-01-14 at 10.46.01 PM (1) WhatsApp Image 2020-01-14 at 10.46.01 PM

Ruang Tunggu

Ruang Tunggu

WhatsApp Image 2020-01-14 at 10.45.56 PM (2) WhatsApp Image 2020-01-14 at 10.45.57 PM

Itulah pengalaman saya melakukan bekam, refleksi kaki, dan pijat bayi di Salon Muslimah FARRAS, Tanah Baru, Depok. Ada yang punya tempat andelan lain buat pijat atau spa? mau doong. Semoga pengalaman ini bisa bermanfaat ya moms.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *